Pesawat Luar Angkasa / Space Shuttle

Pesawat Ulang Alik / Pesawat Luar Angkasa, juga disebut Space Transportation System (STS) / Sistem Transportasi Luar Angkasa adalah kendaraan peluncur roket yang sebagian dapat digunakan kembali yang dirancang untuk pergi ke orbit di sekitar Bumi, untuk mengangkut orang dan kargo ke dan dari pesawat ruang angkasa yang mengorbit, dan meluncur ke landasan pacu pendaratan saat kembali ke permukaan Bumi. Dikembangkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA). Secara resmi disebut Sistem Transportasi Luar Angkasa / Space Transportation System (STS), pesawat ini terbang ke luar angkasa untuk pertama kalinya pada 12 April 1981, dan melakukan 135 penerbangan hingga program tersebut berakhir pada 2011.
Total misi armada pesawat ulang-alik adalah 1322 hari, 19 jam, 21 menit dan 19 detik.

Pesawat Ulang-alik terdiri dari tiga komponen utama:
• Pengorbit / Orbiter yang menampung awak dan kargo;
• Tangki Eksternal / External Tank besar yang menampung bahan bakar untuk mesin utama;
• dan dua Solid Rocket Booster yang menyediakan sebagian besar daya angkat Shuttle selama dua menit pertama penerbangan.

Semua komponen dapat digunakan kembali kecuali tangki bahan bakar eksternal, yang terbakar di atmosfer setelah setiap peluncuran.

Saat lepas landas, seluruh sistem memiliki berat 2 juta kilogram (4,4 juta pon) dan berdiri setinggi 56 meter (184 kaki). Selama peluncuran, penguat dan mesin utama pengorbit menembak bersama, menghasilkan daya dorong sekitar 31.000 kilonewton (7 juta pon). Booster dibuang sekitar dua menit setelah lepas landas dan dikembalikan ke Bumi dengan parasut untuk digunakan kembali. Setelah mencapai 99 persen kecepatan orbitnya, pengorbit telah kehabisan propelan (bahan bakar) di tangki eksternal. Itu melepaskan tangki, yang hancur saat memasuki kembali atmosfer. Meskipun pengorbit lepas landas secara vertikal seperti peluncur roket yang dapat dibuang, ia melakukan pendaratan tanpa tenaga yang mirip dengan pesawat layang.

Kami mengupayakan akurasi dan keadilan, jika Anda melihat sesuatu yang tidak benar, Hubungi Kami

2 Comments

  1. Aser on September 13, 2020 at 9:29 pm

    Tks informasi nya
    Semoga Indonesia memiliki pesawat luar angkasa

    • riris gultom on September 13, 2020 at 10:28 pm

      Luar biasa..

Beri Saran / Komentar