Fakta Paling Mengejutkan Tentang Dunia #1

Overview

Dunia dipenuhi dengan misteri. Beberapa terpecahkan, beberapa tidak dapat Anda pahami dan beberapa tetap tidak diketahui sama sekali. Tapi kemudian, ada saatnya ketika yang tidak diketahui menjadi diketahui, dan setelah diverifikasi, itu menjadi fakta. Jadi, berikut adalah beberapa fakta menakjubkan dari seluruh dunia yang akan membuat Anda terkesima.

1. Ada lebih dari 24 zona waktu di seluruh dunia.

Jika setiap zona waktu berjarak 1 jam, akan ada 24 jam di dunia. Namun, International Date Line (IDL) membuat 3 lagi. Selain itu, beberapa zona waktu hanya berjarak 30 atau 45 menit, ini semakin meningkatkan jumlah total zona waktu standar.

2. Ada beberapa negara yang mengalami hampir 24 jam siang hari.

Fenomena ini disebut juga matahari tengah malam. Ini adalah fenomena alam yang terjadi pada bulan-bulan musim panas di tempat-tempat di utara Lingkaran Arktik atau di selatan Lingkaran Antartika, ketika matahari tetap terlihat pada tengah malam waktu setempat. Ketika matahari tengah malam terlihat di Kutub Utara, matahari tampak bergerak dari kiri ke kanan, tetapi di Antartika gerakan semu yang setara adalah dari kanan ke kiri.

3. Hanya 3% air bumi yang segar.

Hanya 3% air bumi yang segar, sisanya 97% asin. Dari 3% itu, lebih dari 2% dibekukan di lapisan es dan gletser. Berarti kurang dari 1% air tawar ditemukan di danau, sungai, dan bawah tanah.

4. Ada sekitar 108 miliar manusia yang pernah hidup di bumi.

Menurut perkiraan PRB (Population Reference Bureau) pada tahun 2019, ada sekitar 108 miliar orang yang pernah hidup di bumi, itu artinya kita yang hidup saat ini mewakili sekitar 7% dari total jumlah manusia yang pernah hidup.

5. Manusia adalah 0,01% dari jumlah kehidupan di bumi.

Menurut jurnal PNAS (Proceeding of the National Academy of Sciences), saat ini terdapat lebih dari 7,4 miliar orang di bumi, tetapi manusia hanya mencapai sekitar 0,01% dari seluruh kehidupan di planet ini. Sedangkan 82% makhluk hidup di bumi adalah tumbuhan, artinya ada sekitar 7500 tumbuhan untuk setiap satu manusia.

6. Kota tertua yang terus dihuni di dunia adalah Damaskus.

Juga dinamai sebagai ibu kota budaya Arab, Damaskus adalah kota tertua di dunia yang telah menyaksikan banyak peradaban besar naik dan turun. Menurut studi penelitian dan bukti sejarah, Damaskus pertama kali dihuni pada paruh kedua milenium ketujuh SM. Ini adalah kota tertua yang terus dihuni di dunia, dan merupakan pusat budaya terkemuka dunia Arab. Sekarang Damaskus adalah wilayah metropolitan dengan lebih dari dua juta penduduk dan dinobatkan sebagai Ibukota Kebudayaan Arab pada tahun 2008.

7. Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia.

Berdasarkan luas daratannya, Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia, hanya berukuran 0,2 mil persegi. Terletak di tepi barat Sungai Tiber, perbatasan 2 mil Kota Vatikan dikelilingi oleh Italia. Kursi resmi paus Gereja Katolik sejak 1377, Kota Vatikan tidak dinyatakan sebagai negara merdeka sampai Perjanjian Lateran tahun 1929. Setelah bertahun-tahun perebutan kekuasaan antara paus dan para pemimpin politik Italia tentang siapa yang dapat mengklaim otoritas tertinggi di wilayah tersebut , Benito Mussolini dan Paus Pius XI menyetujui Pakta Lateran pada tanggal 11 Februari 1929, yang menciptakan negara bagian Kota Vatikan yang merdeka untuk Gereja Katolik sebagai imbalan atas pengakuan Paus atas Kerajaan Italia. Saat ini, hampir 75 persen warga Vatikan adalah anggota klerus.

Kami mengupayakan akurasi dan keadilan, jika Anda melihat sesuatu yang tidak benar, Hubungi Kami

Beri Saran / Komentar